Recipe: Appetizing Sambal Lado Ikan Tongkol+Petai❤

Sambal Lado Ikan Tongkol+Petai❤. Sambal lado tanak telur Petai bahan bahan -Petai sesui selera -Bada Balang -cabe giling -telur rebus -santan -daun kunyit -daun jeruk -asam kandis -salam. Sajian ikan tongkol goreng sambal balado adalah salah satu menu hidangan utama yang enak dan sedap. Selain enak, hidagan ini juga rupanya cukup mudah dibuat dirumah.

Sambal Lado Ikan Tongkol+Petai❤ Saya kongsikan resepi cara membuat Ikan Tongkol yang dimasak. Sambal lado tanak siap di santap. Hari ini coba dengan resep masak Sambal Lado Sedap Ikan Tongkol 'Eungkot Suree' "Aceh Recipe" mantap buat keluarga dirumah dan buat tetangga ya masak lebih. You can cook Sambal Lado Ikan Tongkol+Petai❤ using 8 ingredients and 7 steps. Here is how you cook that.

Ramuan Sambal Lado Ikan Tongkol+Petai❤

  1. You need 6 Keping of Ikan Tongkol.
  2. You need of Cili Api Hijau+Merah(terpulang tahap kepedasan).
  3. You need 6-7 ulas of Bawang Merah.
  4. It's 3 Ulas of Bawang Putih.
  5. Prepare 1 keping of Asam Keping.
  6. You need of Garam(secukup rasa).
  7. It's of Gula(secukup rasa).
  8. It's of Bawang Besar(utk hiasan).

Sambal Lado Tanak biasanya disajikan sebagai bahan pelengkap masakan yang banyak disukai kalangan masyarakat. Bahan dasar membuat sambal lado tanak ini biasanya ikan teri, telur, terung, petai yang mempunyai rasa pedas dan nikmat sekali apalagi. Sambel atau samba lado tanak artinya sambal matang atau sambal masak yang dicampur jengkol/jering/jariang, pete/petai, atau petai Cina tua dan ikan teri atau udang kecil. Mungkin tidak semua Masyarakat Sumatera Barat, SUMBAR mengetahui masakan ini.

Langkah memasak Sambal Lado Ikan Tongkol+Petai❤

  1. Goreng ikan yg telah di garam+kunyit.Goreng juga petai(sekejap)..
  2. Kisar@Tumbuk kasar Bawang Merah,Bawang Putih&Cili Api..
  3. Dengan menggunakan Minyak goreng Ikan td,tumis bahan² yg dikisar.Tumis sehingga garing..
  4. Bila bawang garing,masukkan sedikit air,biarkan garing lagi sekali &masukkan(Ulang sehingga bawang masak).Masukkan garam,gula&bahan perasa(jika pakai)😆.
  5. Masukkan Ikan(yg telah digoreng),masukkan Asam Keping,Petai&Bawang Besar..
  6. Biarkan 3-4minit,tutup api.Siap,sedia untuk dihidang🎈..
  7. Jangan lupa makan dengan Nasi Panas+renjis kicap&nikmatila🤭.

Harga Ikan Tongkol - Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Harga ikan tongkol yang terbilang murah menjadi alasan utamanya. Banyak orang menyukai ikan tongkol karena rasanya yang enak dan banyak mengandung protein. Banyak yang mengira ikan tuna, tongkol, dan cakalang adalah jenis ikan yang sama dengan sebutan yang berbeda. Baca Juga: Ikan Laut dan Ikan Air Tawar, Mana yang Lebih Bergizi?